Senin, 11 Mei 2020

Mejaqq - Kepulangan WNI ini dipaparkan Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi, Senin (11/5). Data yang dipaparkan per 10 Mei 2020.


Menlu menyampaikan, WNI dari Malaysia ini pulang ke Indonesia melalui jalur darat, laut, dan udara. Terbanyak pulang melalui jalur laut.

"Kembali melalui laut 65 persen atau 47.674 orang, melalui jalur darat sebesar 20 persen atau 14.681 orang, dan melalui jalur udara 15 persen atau 10.611 orang," sebutnya dalam konferensi pers virtual.

Pemerintah Malaysia, lanjutnya, telah memperpanjang berlakunya perintah pengendalian pergerakan atau movement control order (MCO) dalam bentuk conditional movement control order atau CMCO yang semula akan berakhir 12 Mei diperpanjang sampai dengan 9 Juni.

Selain WNI di Malaysia, Retno menyampaikan, pekerja migran Indonesia yang bekerja sebagai awak kapal pesiar atau ABK yang telah tiba di Indonesia per 10 Mei sebanyak 14.244 orang. Mereka kembali melalui jalur udara yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai serta melalui jalur laut yaitu Pelabuhan Benoa dan Tanjung Priok.BandarQ Online

Sementara itu, dari Arab Saudi ada tiga rombongan kepulangan dengan jumlah total 992 orang. Dari Kuwait telah mendarat pada Minggu malam sebanyak 164 WNI. Sedangkan dari Aljazair, 391 WNI telah kembali ke tanah air.

"Dari Kairo, telah tiba pada 25 April sebanyak 75 WNI dan masih akan ada penambahan untuk Kairo dan Oman sebanyak 333. Hari ini akan tiba WNI kita dari Bangladesh sejumlah 196 orang," jelasnya.

"Selain itu pada hari ini juga akan tiba 567 awak kapal WNI yang bekerja di tiga kapal pesiar melalui pintu masuk Pelabuhan Tanjung Priok dan Bandara Soekarno Hatta."

Terkait WNI anggota Jamaah Tabligh (JT) yang ada di India, Menlu Retno mengatakan kepulangan mereka ke Indonesia masih diupayakan pemerintah. Indonesia akan bekerja sama dengan negara-negara lain yang juga ada warga negaranya menjadi anggota JT di India, seperti Malaysia, Bangladesh dan beberapa negara lainnya.

Ikuti Protokol Kesehatan

Bagi semua WNI yang baru pulang ke Indonesia diminta tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan, salah satunya karantina mandiri.

"Yang baru tiba dari luar negeri secara disiplin dan ketat dapat menjalankan protokol kesehatan tersebut demi kesehatan Anda, keluarga, dan masyarakat," pesannya.

Protokol kesehatan ini diatur dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor 313 Tahun 2012.

Retno menerangkan, sesuai arahan Presiden RI dan guna memudahkan pelaksanaan karantina mandiri maka gugus tugas akan mempersiapkan buku panduan mengenai pelaksanaan karantina mandiri.

"Penanganan kepulangan WNI dari luar negeri tentunya akan melibatkan daerah. Oleh karena itu sesuai arahan Wakil Presiden RI, daerah perlu juga disiapkan untuk menerima mereka kembali ke daerah masing-masing.

Tentunya koordinasi dan kerjasama antara daerah dengan daerah dan antara daerah dengan pusat menjadi kunci," pungkasnya.

MEJAQQ: AGEN JUDI POKER DOMINOQQ BANDARQ ONLINE TERBESAR DI ASIA
Bermain 9 Permainan Hanya Dalam 1 Akun
Dengan Ratting Kemenangan Tinggi
Dan Bonus yang Luar Biasa Disediakan Kepada Membernya
Untuk Informasi Lebih Lanjut Bisa Langsung Menghubungi Kontak
yang Disediakan Dibawah Ini
WA 1 : +855975482150
WA 2 : +855977507271
LINE : Mejaqq_official

Link Resmi / LiveChat : www.mejalucky.com 

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

BREAKING NEWS :
Loading...